Sabtu, 13 Juli 2013

ALASAN DIBERLAKUKANNYA REDENOMINASI RUPIAH (Redenominasi III)




Redenominasi diberlakukan bukan hanya  dengan alasan menyederhanakan proses pembayaran dan mengangkat harga diri Rupiah dimata dunia. Diluar itu semua selama ini pemerintah dan pelaku ekonomi  menghadapi berbagai permasalahan yang terkait dengan banyaknya jumlah digit angka mata uang rupiah, permasalahan tersebut menjadi alasan yang semakin kuat mendorong untuk diberlakukannya Redenominasi Rupiah. Beberapa Permasalahan yang dihadapi adalah sebagai berikut.

1. Memperkecil resiko kesalahan transaksi akibat kekeliruan dalam penulisan jumlah digit pencatatan keuangan dan akutansi.

2. Menghindari kendala tekhnis akibat banyaknya digit angka yang harus tertera pada mesin argo taksi, mesin kasir dan pompa bensin

3. Mengatasi soal keterbatasan beban penyimpanan dan pengolahan data statistik dan kapasitas sistem pembayaran nontunai seperti, anjungan tunai mandiri (ATM), kartu kredit dan sistem Real Time Gross Settlement (RTGS).

4. Mengatasi inefisiensi perekonomian selama ini dibutuhkan  waktu dan biaya transaksi yang cukup besar dan pengembangan infrastruktur untuk sistem pembayaran non-tunai.

5.Jika Redenominasi tidak diberlakukan maka pemerintah harus siap Untuk mengakomodasi kebutuhan pembayaran tunai yang semakin meningkat, dibutuhkan uang baru dengan pecahan yang lebih besar. Pengadaannya tentu membutuhkan biaya yang tak kecil.
           
Kondisi-kondisi yang dapat mendukung proses redenomisasi nilai mata uang

1. Stabilitas atas harga

2. Mengendalikan inflasi

3. Laju pertumbuhan ekonomi yang stabil

4. Ketersediaan stock uang baru yang cukup sehingga tidak mempersulit masyarakat ketika ingin melakukan penukaran uang

5. mekanisme kontrol yang kuat, konsisten dan penegakan hukum yang kredibel.  Tujuan adanya  pekerjaan “kontrol”  ini adalah untuk mencegah kegagalan dan melakukan recovery.

            Perubahan nilai mata uang ini bukan sekedar hanya menghilangkan nilai 3 atau 2 nominal angka tetapi juga perubahan infra struktur secara besar-besaran dalam berbagai bidang yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dalam masa sosialisasi saja pemerintah diperkirakan membutuhkan biaya sekitar 10 trilyun. Berikut ini adalah rencana jadwal pemerintah dalam melakukan proses redenomisasi nilai rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar